Selasa, 23 November 2010

Nico, Putra Papua Pertama Berpangkat Jenderal TNI AD


SENTANI - Putra asli papua dari kalangan militer yang meraih pangkat bintang atau jenderal bertambah. Setelah Laksmana Madya (Purn) Freddy Numberi, Brigjen TNI Marinir (Purn) Bram O Otoruri dan Laksamana Pertama TNI Dick Henk Wabiser, yang ketiganya dari TNI-AL (Angkatan Laut), kini giliran Nico Obaja Woru, putra asli Papua pertama yang meraih pangkat jenderal (Brigjen) dari TNI AD (Angkatan Darat.
Nico Obaja Woru bertugas di Mabesad di Jakarta sebagai Pati Ahli Kasad Bidang Sosbud. Sebelumnya, jenderal kelahiran Kampung Ambai, Serui Tahun 1952 itu, pernah bertugas di Papua sebagai Dandim 1704/Sorong, Dandim 1709/Yapen Waropen, Kasrem 172/PVB dan Aster Kasdam VII/Trikora.
Sejak berpangkat jenderal Mei lalu, Nico Obaja, Selasa (27/7) kemarin, tiba di Jayapura bersama sejumlah jenderal dari Kementerian Menkopolhukam untuk kepentingan tugas negara.
Selain itu, Obaja juga akan pulang kampung ke Serui untuk melihat kampung halamannya yang terkena musibah gempa.
Setibanya di Bandara Sentani, Cenderawasih Pos menyempatkan diri melakukan wawancara dengan pria yang telah mendapatkan tanda jasa bintang Nararya tersebut.
Obaja mengaku bangga bisa mendapatkan pangkat jenderal, sebab bukan suatu hal yang gampang sebagai anggota militer bisa meraih pangkat seperti itu.
\"Sebagai prajurit kami sangat bangga, apalagi untuk sekarang ini kami satu-satunya dari militer TNI-AD yang meraih pangkat jenderal. Hal ini mengambarkan bahwa putra Papua juga bisa untuk mendapatkan pangkat jenderal,\" tuturnya dengan senyum.
Menurutnya, adanya pandangan bahwa orang Papua sulit untuk bisa menjadi seorang pemimpin TNI atau berpangkat jenderal, tidak benar. Sebab, fakta di lapangan, ternyata untuk saat ini putra-putra asli Papua yang menjadi pemimpin TNI cukup banyak, dan tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.
Disamping itu kata Nico, untuk saat ini putra Papua sudah berpangkat Kolonel maupun Letkol, cukup banyak dan tidak tertutup kemungkinan mereka-mereka ini ke depannya bisa meraih pangkat jenderal, asalkan tetap memiliki integritas yang baik.
Disinggung kiat-kiatnya bisa meraih pangkat jenderal, Nico menjelaskan, kiatnya sangat sederhana yakni terus belajar dan berlatih. Sebab, dengan terus belajar dan berlatih, maka kemampuan akan terus bertambah dan profesionalisme pun akan terus meningkat.
Sementara itu, Gubernur Papua Barnabas Suebu, SH saat bertemu dengan Nico Obaja di ruang VIP Bandara, mengaku bangga dengan diraihnya pangkat jenderal, sebab dengan begitu jenderal-jenderal orang Papua bisa bertambah.
\"Saya berharap selain bapak Nico, kedepannya masih ada putra Papua lain yang berpangkat jenderal sekaligus ingin membuktikan bahwa orang Papua pun banyak juga militer yang berpangkat jenderal,\"ujarnya.
Gubernur Bas mengharapkan, pangkat jenderal yang diraih bapak Nico ini bisa dijadikan motivasi bagi anggota militer dari Papua agar bisa selalu menjaga sikap, perilaku dan integritasnya sebagai militer. Kebiasan-kebiasan yang tidak baik, seperti mengkonsumsi Miras agar bisa dihindari, karena hal itu bisa menghambat atau menghancurkan pembinaan karier itu sendiri.
Soal ke depannya apakah orang Papua bisa menduduki jabatan Pangdam, menurut Bas, itu semua menjadi kebijakan Panglima TNI. Sebab, seseorang perwira tinggi bisa menduduki jabatan-jabatan penting seperti itu, tentu ada protapnya diantaranya adalah terpenuhinya persyaratan-persyaratan sesuai Protap yang ada.
\"Tapi bagi saya bisa saja putra Papua bisa menjadi Pangdam asalkan bisa memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada,\" pungkasnya. (mud/fud)

Riwayat Jabatan
Danton Kopassus 1981
Kasi Ops Yon Kopassus 1986
Kasi Ops Yonif 431 Kostrad 1988
Pamen Kopassus (Dik Seskoad) 1997
Dandim 1704/Sorong 1998
Dandim 1709/Yawa 1998
Kasrem 173/PVB Kodam XVII/Trikora Tahun 2000
Aster Kasdam XVII/Trikora Tahun 2001
Pamen Denmabesad 2004
Pamen Ahli Kasad Bidang Hukum 2008
Pati Ahli Kasad bid Sosbud sekarang

Tanda Jasa
SL Seroja
SL GOM IX
SL Darma Nusa
SL VIII
SL XVI
SL XXIV
Bintang Kep Nararya

Penugasan
Ops Seroja TIM-TIM 1981-1986
Ops Papua 1998-2001 (scorpions)



dikutip dari : Cendrawasih pos

2 komentar:

  1. apakah bapak tau alamat bapak nico obaja woru...kalo saya boleh tau

    BalasHapus
  2. apakah bapak tau alamat bapak nico obaja woru...kalo saya boleh tau

    BalasHapus